Sunday, 7 June 2015

Sharing: Hobi sebagai Inspirasi Menulis

Credit


Libur t'lah tiba, libur t'lah tiba. Hore! Hore *\^^/*

Haiho teman-teman MFF yang lagi pada liburan. Kalau liburan kayak gini pada ngapain sih teman-teman? Ada yang lagi ngerjain hobi masing-masing? Yang nggak ada waktu buat baca buku, lagi pada baca bukukah? Yang hobinya nonton, lagi pada nontonkah? Biar liburannya makin bermakna (cieee ... bermakna) ayo kita ‪#‎KamisSharing‬.

Sharingnya kali ini mengenai hal-hal yang kamu sukai atau hobi. Hal-hal itu suka kamu masukin ke karya fiksi kamukah? Misalnya, ada yang hobi masak, karya fiksinya selalu menyelipkan hal-hal berbau masakan. Tulis di sini yuk, apa yang kamu sukai dan suka kamu tulis di karya fiksimu? Kalau ada yang pernah ditulis di blog boleh kasih link biar kita BW. Dengan catatan, karya fiksi yaaa ....



Isti'adzah Rohyati 
Lagi suka foto-foto sama jalan-jalan. Tapi belom pernah masukin ke karya fiksi

Harry Irfan 
Saya sukanya nonton film, kak. Dan kadang kalo abis nonton film muncul ide-ide liar yang biasanya saya tuangkan ke flash fiction atau cerpen. He he.
Terutama untuk film-film eropa atau latin yah, karena ide mereka tuh kadang unik dan tidak mainstream seperti film kebanyakan. He he.

Nina Nur Arifah 
Tiduuur

Awah Soni 
*Suka? Ngopi dong, sambil bungkus fiksimini yang nggak pernah selesai. *Masukin ke fiksi? Pasti lah kalo temanya lagi pas

Haya Aliya Zaki 
Iya. Bekgron pendidikanku Farmasi. Sebenarnya suka nggak suka, mau nggak mau sering berhubungan dengan ilmu obat-obatan. Sekarang ini aja udah setahun nggak jadi dosen Farmasi. Di cerpen Mantri Kunyit (Kompas Klasika) aku masukkan tokohnya senang mengobati dengan TOGA (tanaman obat keluarga). Di dongeng Hati-Hati Sama Cokelat! (majalah Bobo), aku masukkan ibu dari sang tokoh adalah kurcaci tabib yang tugasnya sehari-hari mengobati orang. Menulislah sesuatu yang kita ketahui dan dekat dengan kita.

Ade Anita 
Kalau aku, ini sebenarnya tidak aku sukai. Tapi aku suka mengalami sesuatu. Sialnya ... yang aku alami mungkin tidak semua orang menyukai nya.

Aku kadang-kadang bisa melihat penampakan makhluk halus.
Nahh ... ini yang beberapa kali aku tulis. >> Putih

Tara Orian 
Aku suka memasak (meski hasilnya nggak selalu enak), dan suka merajut. Tapi baru memasak yang pernah kumasukkan di cerita fiksi. Waktu itu resep yang kutulis tentang beef wellington, tapi untuk lomba sih, jadi nggak di-post di blog. 

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 
Suka post-crossing dan kadang kubuat jadi tema fiksi anak-anak buat dikirim ke majalah anak juga.

Uni Dzalika 
Aku kalau libur gini, selalu kumpul sama teman-teman. Makin banyak libur, makin baik. jadi bisa kumpul sama siapa aja di waktu yang berbeda. Libur kemarin itu kumpul sama salah satu geng ((GENG)), dan dari obrolan di sana, aku tuangkan ke fiksi. Jadi, main idea di cerita ini, diambil dari obrolan pas kumpul sama geng >> Mungkin, ini Sebabnya Dikatakan Bahwa Bahagia itu Relatif

Dian Farida Ismyama 
Aku libur lagi belajar wrapping seserahan ... wkkka. Hobi baru, sama jalan-jalan dengan keluarga/ teman. Biasanya kalau libur saatnya update blog dan menyelesaikan semua draft yang tertunda #eh. Baca buku nggak usah nunggu libur, tiap hari kalau pengin ya baca :)

Sari Widiarti 
Bukan hobi sih, tapi lebih sering curhatan terselubung yang dimasukkan di karya fiksi :b

Carolina Ratri 
Aku suka apa ya, yang pernah ta' jadiin FF? Bentar. Ta liat dulu. Tiba-tiba amnesia 
Eh kalau sket/doodle banyak tuh yang ta jadiin ilustrasi FF/cerpen. Tapi ceritanya, tokohnya sih bukan doodler/sketcher :)))
Oh tapi dulu pas kuliah kan sering naik bis kota. Dan akhirnya jadilah cerpen ini >> Remake: Anggrek

Susi Ernawati Susindra 
Pernah bikin cerpen tentang kehidupan para pengampelas dan pengukir.

Ardiba Sefrienda 
Suka buat cerita yang nyerempet-nyerempet sama pekerjaanku. Tapi fiksinya masih pada nangkring di kompi doang.

Lusi Tris 
Aku, mau bikin serial seru lanjutan inspektur Suzana yang dulu aku ikutkan GAnya Pakde tapi belum sempet. Ntar kalau sudah bisa ngerjain aku kasih url-nya di blog Serba Jawa soale sekarang sudah ada beberapa kisah parodi wayang juga disana tapi bapakku yang bikin.

Carolina Ratri 
Iya. Niatnya sih setiap FF/cerpen yang di fiksicarra itu ilustrasinya kubikin sendiri, Teh. Cuma ya itu, kadang nggak ada moodnya :))) Atau buru-buru nggak sempet. Jadi comot-comot aja. Terus, mm ... bis kota itu somehow menyenangkan. Dari bis kota kita bisa lihat karakter banyak orang. Aku suka sih naik bis kota dulu, karena bisa merhatiin banyak orang tapi orang nggak merhatiin aku. Ha ha ha.

Vanda Kemala 
Pas lagi doyan banget foto-foto (soalnya masih ada yang nemenin hunting foto » baca "#timLDRhore), pernah masukin soal foto.

Lumayan doyan masak, tapi di tulisan cuma sekadar tempelan aja, soalnya nggak nulis prosesnya, he he he.

Ini yang soal foto ya, Teh. Yang paling gampang dicari, hehehe [Prompt #72] Foto Terbaik

Lusi Tris 
Inspektur Suzana itu benar-benar fiksi cuma ada pelampiasannya juga karena dulu pengin jadi detektif keren macem Deedee McCall atau Laura Holt tapi mutung setelah ditiling polisi bapak-bapak gendut dan bayar 40rb. Sekarang setelah jaman Briptu Eka & CSI jadi asik aja punya tokoh Inspektur Suzana.

Donna Imelda 
Aku kok suka fiksi tentang kasih yang tak sampai ya hehehe. Perselingkuhan dan kehilangan. Iya... hobinya patah hati dan cinta yang nggak kesampean ha ha ha. Biasanya sih hobi jalan-jalan masuk ke dalam setting cerita. Aku suka pantai dan Bali sebagai setting.

Ahmad Abdul Mu'izz 
Aku suka apa ya? Tidur. Ha ha ha.

Lies Wahyoeni 
Nulis fiksi aku olak ico ... idenya suka mampet. Aku suka masak ... di fiksiin susah nggak ya?

Lianny Hendrawati 
Apa ya? Mainan sama anak kali ya, jadi nggak sadar kebanyakan FF-ku tokohnya ibu dan anak *bapak kemanaaaa?

Junioranger Sarif 
*bingung dg hobi sendiri* jangan-jangan aku nggak punya hobi

Febriyan Lukito 
Belum pernah Mbak.

Muhammad Fatoni 
Hobinya ngorek-ngorek pengalaman serem dari temen, dan hampir sebagian FF-ku terinspirasi dari pengalaman horor temen.

Dian Istiaty Iskandar 
Nggak suka masak, sekalinya masak pasti suka di-upload ke blog. Emak-emak kayak saya, kalau hari libur malah nggak bisa nulis. Heboh urusan rumah. He he he. 

Yuni Fawwaaz Rudy 
Belum pernah bikin fiksi tentang kegiatan pas liburan, tapi bisa nggak ya he he he

Risa Nuraini 
Hobiku mimpiin dia ... hi hi. Hobiku ngobrol atau jalan sama Mama. Beberapa kali sih aku nulis fiksi tentang ortu. Kasih Ibu 

Diah Dwi 
Arti hobi saya merhatiin tetangga. Ampun deh. Titisan Nawang Wulan

6 comments:

  1. Kalo hobinya masak jadi cerpen tentang masakan ya :D

    ReplyDelete
  2. Saya hobinya bersepeda. Asyik memang menyelipkan hobi kita ke karya :)

    ReplyDelete
  3. kalo aku hobinya jajan pas liburan hihi

    ReplyDelete
  4. aku suka makan, jadi pengen banget masukin beberapa makanan kesukaanku dalam karyaku

    ReplyDelete
  5. Yang hobinya bermanfaat pasti jadi inspirasi buat yang lainnya

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *