Monday, 7 September 2015

Sharing: Deadline oh Deadline

Sharing: Deadline oh Deadline
Credit


Selamat malam Teman-teman MFF
Lagi pada apa nih? Istirahat, makan, baca buku, atau lagi ngebayangin apa saja yang mau dikerjain wiken ini? Sambil menemani kalian beraktivitas santai, PIC ‪#‎KamisSharing‬ mau ngajak ngobrol. Boleh nggak? Boleh. *maksa*

Seperti biasa PIC mau numpang curhat dulu. Ha ha ha. Tadi siang, PIC kena stres BERAT karena ditagih karya hiks T.T Pasalnya, ini karya nggak beres-beres udah mau dua tahun *zoom in zoom out* dan entah sampai kapan ini karya bisa beres *minta ditoyor*

Nah, #KamisSharing kali ini, PIC mau nanya sama Teman-teman MFF, saat kalian mengerjakan suatu tulisan (fiksi) bisa berupa novel, FF, cerpen, atau puisi, paling maksimal jangka waktu yang kalian butuhkan untuk mengerjakannya berapa lama?


Aris Rahman Purnama Putra 
Tergantung deadline. :)) Kalau udah mepet dikebut sehari bisa kelar. Kalau nggak ada deadline bisa terbengkalai berhari-hari lamanya.

Vanda Kemala 
FF sehari bisa kelar, cerpen juga kadang bisa. Puisi, bisa sehari, tapi entah kalo besoknya dirombak lagi. Novel, ehehehehe, belum pernah. *tutup muka*

Mel Puspita 
Novel bisa setahun lebih. Cerpen pernah sebulan nggak kelar, tapi juga pernah hanya beberapa jam. FF paling lama 3 hari. Puisi paling lama 3 hari.

Tapi cepat lambat tergantung situasi dan mood.

Elisa Koraag 
Masih belajar. Jadi belum nemu yang pas. Kalau puisi, FF bisa 2-3 jam. Cerpen seharian Novel bertahun-tahun belum selesai

Haya Aliya Zaki 
Cerpen sehari bisa. Waktu dapat orderan dari Kompas Klasika, sehari jadi. Novel 120 halaman bisa sebulanan. Tapi sekarang lagi males nulis novel. Seneng nulis yang pendek-pendek aja. Nggak makan waktu. Repot urus domestik soalnya.

Ajen Angelina 
Ih, topiknya bikin baper. Soalnyaa lagi deadline nulis juga. Aku sih penganut teori the power of deadline. Namun memang baiknya nulis itu harus jauh sebelumnya.

Ariga Sanjaya 
Semua tulisan fiksiku (cerpen, FF, semacam puisi) selesai dalam sehari. Soalnya sulit buat menjaga mood kalau sudah berganti hari. Dan kalau nulis cerita yang agak spesifik (misalnya tentang adat, proses bisnis, atau prosedur medis aku cari info sebanyak-banyaknya baru mulai nulis). Baru setelahnya 'diendapkan' paling sedikit sehari, edit-edit baru posting. Kalo nonfiksi (biasanya buat lomba) agak lama. Soalnya mesti kumpulin data lebih banyak. Kalo novel? *ngumpet*

Fadilla Sukraina 
Tiap tulisan beda-beda ya. Tergantung mood sama idenya juga. Paling kalo FF sehari aja kelar. Tapi kalo cerpen paling ya seminggu. Tergantung deadline-nya juga sih.

Lianny Hendrawati 
Novel belum pernah. Cerpen jarang bikin. Klo FF nunggu ada ide dulu, kalau ide sudah ada, eksekusi satu hari selesai. Yang susah kalau lagi buntu ide, ujung-ujungnya nggak jadi nulis *digetok Evi*

Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 
Calon novelku aja sejak 2011 nggak kelar-kelar. Selalu dihantui rasa tidak percaya diri.

Nadia Pratiwi 
Novelku yang fantasi Nusa Tenggara ini sudah dikerjakan sejak 2013-an, tapi sampai sekarang belum ada tanda-tanda kelar, hiks. Ada aja hal-hal yang bikin pengen ngerombak sana-sini. Plotnya sudah jauh berbeda dari plot awal yang kubuat. Dan aku juga belum tahu, semisal kelar nanti mau disimpen aja atau dikirim ke penerbit, mengingat novel-novel fantasi kebanyakan dari luar semua. 

Puji Sri Wahyuni 
Nulis cerbung di blog. Rencananya pengen dibikin novel. Tapi ... entahlah ... he he he.

Fajar √útomo 
Novelku udah berkali-kali rombak dan belum ada tanda-tanda selanjutnya. Sekarang lagi mikirin plot biar bener-bener mateng, biar nggak ngerombak lagi padahal targetku, novel ini harus terbit sebelum aku 20 tahun. But I don't think I can. Kalau cerpen, tergantung bisa 2-3 jam selesai. Bisa juga seminggu (karena males lanjutin) he he he. kalau puisi, entahlah puisi itu kuanggap sebuah "kecelakaan".

Agung Matakita Hima 
Cerpen mungkin lebih mudah, tapi novel butuh energi yang besar. Tinggal mau ngejar setoran apa kualitas yang dibutuhkan?

Latree Manohara 
Cerpen pernah kurang dari satu jam jadi. Novel, waktunya seolah bisa tak terhingga.

Efi Fitriyyah 
Punya draft novel, udah 2 tahun nggak kelar.

ChocoVanilla PipitDewi 
Unlimited, Miss hi hi hi hi hi 

Ila Rizky Nidiana 
Klo cerpen, FF, puisi sehari juga jadi, Teh. Yang lama novel. XD

Febriyan Lukito 
Belum punya, Miss. Draf novel dari 2007-an udah nggak dilanjut dan udah nggak tahu ke mana file-nya

2 comments:

  1. wah, banyak yang bisa cepet yah nulisnya.
    kalo gue puisi aja gak bisa di deadline. nunggu momen!
    kalo disuruh nulis flashfiction mungkin bisa ditoyor kanan kiri keknya.
    Tapi kalo dikasi deadline, tanpa ngerjain yang lain-lain yaa.. gue rasa gue sanggup ngerjainnya minimal kalo tulisan cerpen seminggu bisa lah jadi.

    ReplyDelete
  2. Deadline saya cuma menyelesaikan system yang lagi di rancang :(

    ReplyDelete

Followers

Socialize

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *